Peran ERP dalam Perusahaan dan Bagaimana Sistem ERP Menciptakan Integrasi Unit Bisnis

Peran ERP dalam Perusahaan dan Bagaimana Sistem ERP Menciptakan Integrasi Unit Bisnis

Peran ERP dalam PerusahaanERP adalah ringkasan dari 3 komponen kata yakni, Enterprise (perusahaan/organisasi), Resource (sumber daya), Rencana (rencana). Persyaratan paling penting dari sistem ERP ialah Integratif. Integratif yang diartikan ialah menyatukan beragam keperluan pada satu software pada sebuah logical database, hingga mempermudah semua departemen share info dan berbicara. SAP ialah perusahaan yang mempunyai pasar sharing paling besar di dunia untuk software ERP. Implikasi mekanisme ERP bergantung pada ukuran usaha, ruang cakup dari peralihan dan ikut serta konsumen setia. Perusahaan memerlukan jasa diskusi, penyesuaian dan jasa simpatisan.

Perusahaan besar di luar dan dalam negeri memakai ERP terhitung : exxonMobil, BASF, British Petroleum, Chevron Texaco, Wal-Mart, Cola-Cola, Hewlett Packard, Haliburton, Mitsui, Astra, Garuda, Pertamina, IndoMobil, Bank Berdikari dan lain-lain. Wujud ERP pada setiap perusahaan akan berlainan sesuai keperluan dan scope dari perusahaan itu. Perusahaan bisa membuat ERP mereka sendiri, mengikutsertakan developer atau beli produk ERP yang telah disiapkan oleh beberapa perusahaan, seperti Oracle, SAP, Microsoft dan yang lain. Contoh paket ERP diantaranya: SAP, Baan, Oracle, IFS, Peoplesoft dan JD.Edwards.

Pemahaman ERP menurut beberapa pakar seperti berikut :

Menurut Daniel E. O’ Leary dalam bukunya Enterprise Resource Rencana Systems (Systems, Life Cycle, Elektronik Commerce and Risk), ERP ialah paket software powerful yang memungkinkannya perusahaan memadukan beragam peranan yang terpisah.

Menurut James Hall dalam bukunya Akunting Information Systems (Buku 1, Edisi 13, Halaman 45), ERP ialah mode mekanisme info yang memungkinkannya perusahaan membuat otomatis dan memadukan beragam proses usaha khusus perusahaan.

Menurut Ellen Monk dan Bret Wagner dalam bukunya Concepts in Enterprise Resource Rencana (Third Edition, Halaman 1), program ERP ialah core software yang dipakai perusahaan untuk mengkoordinasi info pada tiap tempat usaha. Program ERP menolong untuk mengurus proses usaha perusahaan secara luas memakai satu database dan satu mekanisme laporan management.

Dari opini di atas bisa disebutkan jika ERP sebagai satu mekanisme yang terpadu dalam mengkoordinasi info dan beragam proses usaha dan mode pemrosesan transaksi bisnis yang terpadu dengan kegiatan di unit usaha lain di dalam organisasi.

Menurut O’Leary (2002), mekanisme ERP mempunyai beberapa karakter seperti berikut:

Mekanisme ERP sebagai paket software yang dibuat di lingkungan client-server baik tradisionil (berbasiskan desktop) atau berbasiskan situs.

  • Mekanisme ERP memadukan sebagian besar usaha proses yang ada;
  • Mekanisme ERP mengolah semua transaksi bisnis perusahaan organisasi;
  • Mekanisme ERP memakai database rasio enterprise untuk penyimpanan data;
  • Mekanisme ERP mengizinkan pemakai terhubung data secara real time.

Kebutuhan akan ERP di perusahaan ada karena kelemahan pada mode mekanisme info tradisionil yang memiliki sifat terpisah, yakni:

  • Jumlahnya duplikasi atau redudansi data karena mekanisme yang dipunyai masing-masing fungsional berlainan dan tidak terpadu.
  • Faksi management dan vital kesusahan memperoleh info yang mengikutsertakan data dari beragam fungsional usaha karena dibutuhkan proses untuk memadukan beberapa data yang ada.
  • Data yang memiliki sifat terpisah mempunyai risiko ketidakvalidan yang tinggi.
  • Pemakai yang perlu terhubung mekanisme dari beberapa fungsional usaha disibukkan oleh banyak account yang harus diingat untuk terhubung masing-masing mekanisme dan mode pemakai interface yang kadang berlainan pada masing-masing mekanisme hingga perlu didalami secara eksklusif.

Pendayagunaan ERP dengan tepat akan memberi keuntungan dan nilai plus untuk perusahaan, diantaranya:

  • Mekanisme yang terpadu akan memberi tingkat kevalidan data yang semakin tinggi dan hilangkan duplikasi atau redudansi data.
  • Info yang dibutuhkan perusahaan bisa didapat lebih cepat, bahkan juga secara real time.
  • Cuman ada satu portal akses mekanisme untuk semua pemakai dan menyuguhkan pemakai interface yang condong sama hingga pemakai lebih gampang memakainya.
  • Pendayagunaan mekanisme yang terpadu akan jadikan proses usaha bisa lebih cepat dan memiliki sifat paperless karena ditiadakannya proses-proses manual yang tidak dibutuhkan kembali.
  • Kontrol pada keamanan, tersedianya dan keandalan mekanisme jadi lebih gampang karena semua mekanisme yang dipakai masing-masing fungsional sudah terpadu.

Peran ERP dalam Perusahaan dan Bagaimana Sistem ERP Menciptakan Integrasi Unit Bisnis

Bersamaan mengembangnya dunia teknologi info, mekanisme ERP makin maju. Bahkan juga sekarang ini, mekanisme ERP bisa dijangkau lewat beragam piranti mobile di luar perusahaan lewat internet, hingga bisa dicapai oleh pemakai kapan saja dan dimana saja mereka ada. Ini tentu saja disertai oleh makin majunya proses keamanan dari mekanisme itu dan merupakan salah satu keuntungan menggunakan sistem ERP dalam perusahaan. Dengan menerapkan SAP pada sebuah organisasi akan memadukan mekanisme yang berpengaruh:

  • Peralihan yang sudah dilakukan pada satu software ERP sistem secara automatis akan memperbaharui modul yang lain jika info yang dirubah terkait dengan modul itu. Data akan terupdate langsung demikian pemakai menginput data ke mekanisme.Ini yang dikenali dengan istilah “real-time processing”
  • Integratif secara mekanisme dapat terjadi dengan persyaratan jika semua perusahaan harus memakai sebuah sumber data yang serupa, bagus untuk data konsumen, data product atau data supplier melalui aplikasi ERP Terbaik.
  • Transparan data – Semua pemakai yang memiliki akses ke mekanisme segera dapat menyaksikan semua info yang paling up-to-date setiap waktu dibutuhkan meskipun info itu di-input oleh pemakai lainpun.

Mekanisme info yang sama-sama terpadu antara unit satu sama unit yang lain jadi sebuah keperluan yang penting dalam sebuah kampus.Integratif antara sistem kampus memudahkan penghimpunan dan pendayagunaan data secara detail dalam sebuah kampus tersebut.

Baca Juga :

Pengendalian sumber daya manusia jadi sebuah keperluan yang penting dalam sebuah kampus, oleh karenanya Human Capital Manajemen (HCM) benar-benar menolong kampus yang berkaitan dalam pengendalian data pegawai secara real time seperti pengendalian data personal, mangkirsi, training dan pengendalian upah.

ERP (Enterprise Resource Rencana) sebagai satu ide sistem info yang bisa menolong perusahaan untuk memadukan semua tempat usaha perusahaan pada sebuah mekanisme info yang bisa dihandalkan, dan membuat mekanisme perusahaan jadi real-time serta lebih terbuka.Dengan pendayagunaan ide ERP terutamanya pada modul Human Capital Manajemen (HCM)membantu perusahaan memadukan data yang terkait dengan sumber daya yang ada pada sebuah kampus.

Human Capital Manajemen (HCM) sebagai usaha untuk mengurus dan meningkatkan kekuatan manusia untuk capai tingkat yang semakin tinggi secara performa, Peran ERP dalam Perusahaan berbentuk Human Capital Manajemen (HCM) dapat membuat nilai lewat orang dan sebagai filosofi pebangunan manusia

Dengan mengaplikasikan ide ERP dalam sebuah kampus terutamanya modul Human Capital Manajemen (HCM) bisa mengoptimalkan pengendalian data sumber daya manusia yang ada pada sebuah instansi. Demikian ulasan tentang Peran ERP dalam Perusahaan dan Bagaimana Sistem ERP Menciptakan Integrasi Unit Bisnis yang telah Dinamika Solusi Informatika ulas untuk anda semua. Sangat penting memilih pengembang perangkat lunak yang telah tergabung dalam Microsoft Partner Indonesia, agar pembuatan ERP sistem pada perusahaan anda dapat memberikan kontribusi yang maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *