Penerapan Sistem ERP Perusahaan yang Dapat Memberikan Kontribusi dalam Pengembangan Bisnis

Penerapan Sistem ERP Perusahaan yang Dapat Memberikan Kontribusi dalam Pengembangan Bisnis

Sistem ERP PerusahaanDunia bisnis selalu menuntut seluruh unsur yang terlibat didalamnya untuk dapat berkembang lebih maju agar mampu bersaing dengan strategi milik kompetitor. Hal ini bukanlah merupakan sebuah fenomena yang baru, bahkan jika dilihat dari perjalanan dunia bisnis dari tahun 80-an hingga saat ini, tentu telah banyak terlahir inovasi baru yang mendukung kegiatan bisnis itu sendiri seperti halnya sektor transportasi, teknologi, produk dagang, hingga peraturan yang mengatur tentang aktivitas bisnis atau usaha yang banyak dijalankan disetiap Negara di dunia.

Tuntutan akan perkembangan tersebut akan selalu melahirkan inovasi yang sebelumnya belum pernah ada, salah satu contohnya adalah penerapan sistem ERP perusahaan. Seperti halnya yang telah diketahui banyak orang, konsep ERP sistem adalah penerapan tools yang memanfaatkan kemajuan teknologi untuk mempermudah setiap kegiatan operasional perusahaan. Di Indonesia sendiri, pembuatan ERP sistem untuk unit bisnis perusahaan masih belum secara menyeluruh diterapkan oleh banyak perusahaan, hal tersebut dikarenakan masih banyak keraguan kepada perusahaan pengembang perangkat lunak dan bahkan software ERP sistem itu sendiri.

Tidak mengehrankan jika hingga saat ini masih banyak sekali perusahaan yang menerapkan sistem manual disetiap lini bisnis. musababnya tidak lain dan tidak bukan adalah karena perusahaan masih belum dapat mengukur sejauh mana kemajuan yang akan diciptakan dari sistem ERP perusahaan yang dipasang. Bahkan bukan hanya itu, sejauh ini masih banyak pula perusahaan yang terlanjur mengaplikasikan software ERP sistem dibeberapa lini bisnis yang terdapat dalam sebuah badan usaha, namun tidak mendapatkan kontribusi yang maksimal dari penerapan konsep Enterprise Resource Planning untuk perusahaan itu sendiri, sehingga keraguan akan peran ERP dalam perusahaan semakin besar.

Pada kesempatan kali ini, untuk menjawab keraguan akan sejauh mana kontribusi yang dapat diberikan oleh software ERP sistem terhadap perkembangan perusahaan, Dinamika Solusi Informatika akan mengulas tentang penerapan sistem ERP perusahaan yang berhasil mendapatkan kontribusi maksimal. Jadi untuk anda yang masih merasa ragu terhadap peran ERP dalam perusahaan, maka sangat dianjurkan untuk membaca ulasan ini sampai tuntas, langsung saja kita simak ulasannya dibawah ini.

Penerapan Sistem ERP Perusahaan yang Dapat Memberikan Kontribusi dalam Pengembangan Bisnis

1 Diterapkan pada Sektor yang Tepat

Meski penerapan ERP sistem pada perusahaan akan memberikan kontribusi berupa kemudahan akses disebuah unit bisnis, namun hal tersebut juga harus didasari pertimbangan dan strategi yang tepat. Sistem ERP perusahaan mampu meningkatkan kinerja unit bisnis jika diterapkan pada sektor yang tepat, sebaliknya jika software ERP sistem tidak pada sektor yang tepat maka tidak akan memberikan kontribusi yang sesuai dengan ekspektasi user. Contoh software ERP yang tidak memberikan kontribusi maksimal adalah jika pembuatan ERP sistem hanya sekedar menggantikan peran SDM sebelumnya dan tidak menciptakan kemudahan bagi user atau bahkan perusahaan.

Sistem ERP terbaik biasanya dapat diukur dari sejauh mana penerapan ERP sistem mampu menggantikan peran SDM yang sebelumnya berada pada sebuah unit bisnis. Misalnya, ada sebuah perusahaan yang berkembang cukup besar dari segi manajemen hingga jumlah SDM mengalami peningkatan yang cukup pesat dimana peningkatan SDM dalam jumlah tinggi ini memunculkan kerumitan yang cukup serius dari segi pengelolaan yang tidak dapat lagi di handle oleh pihak HRD. Dalam hal ini, pembuatan ERP sistem pada unit bisnis akan sangat berdampak signifikan dalam mengelola seluruh aktivitas operasional SDM bahkan dalam jumlah besar sekalipun.

Baca Juga:

2 Software ERP Sistem Dijalankan Berdasarkan Data Aktual

Beberapa perusahaan yang mengeluhkan kinerja software ERP sistem menurun dari waktu pertama kali pemasangan dan langsung menarik kesimpulan bahwa peran ERP dalam perusahaan menjadi terbatas dan tidak long lasting. Hal tersebut memang bisa saja terjadi dalam penggunaan ERP sistem pada sebuah unit bisnis perusahaan, namun ada beberapa hal yang membuat ERP tidak lagi memberikan kontribusi yang maksimal pada sebuah unit bisnis, salah satunya adalah data yang dikelola oleh ERP sistem bukan merupakan data aktual atau terbaru. Data yang tidak diperbarui oleh perusahaan tentu akan memberikan output yang tidak sesuai pula.

Oleh karena itu, dalam penggunaan ERP sistem pada unit bisnis perusahaan pasti akan ada upgrade atau pembaruan, baik dari segi data maupun fitur yang terdapat pada sebuah ERP sistem itu sendiri. Pembaruan ini sangat penting bagi kinerja sistem ERP perusahaan, karena mesin penggerak ERP sistem adalah data aktual dan terupdate yang masih digunakan oleh perusahaan untuk mengelola unit bisnis. dashboard ERP hanya akan menampilkan informasi berdasarkan data yang digunakan dan dimuat pada ERP sistem, sehingga jika terjadi penurunan kinerja ERP sistem yang disebabkan oleh penggunaan data yang tidak update, maka harus segera diperbaiki oleh user.

3 Memiliki SDM dan User yang Kompeten

Poin yang tidak kalah penting dalam menentukan keberhasilan pembuatan ERP sistem pada perusahaan adalah keberadaan SDM dan user yang kompeten, dimana keberadaan SDM dan user yang kompeten ini sangat berkaitan untuk menunjang kinerja software ERP sistem pada sebuah unit bisnis perusahaan. Tujuan pembuatan ERP sistem adalah untuk mempermudah segala aktivitas dan kegiatan operasional yang terdapat dalam sebuah perusahaan, dimana kemudahan ini akan tercipta jika software ERP sistem dioperasikan oleh user yang tepat dan untuk SDM yang mampu menyesuaikan diri atau beradaptasi dengan sistem kerja dari software ERP sistem.

Oleh karena itu dalam beberapa kasus, sebelum melakukan pembuatan ERP sistem pada perusahaan, pihak HRD biasnya akan melakukan pelatihan terlebih dahulu terkait penerapan konsep ERP sistem pada sebuah unit bisnis. Tujuannya adalah agar SDM yang berada pada sebuah unit bisnis yang akan diterapkan konsep Enterprise Resource Planning atau ERP sistem dapat terbiasa dengan sistem kerja yang baru. Keuntungan menggunakan sistem ERP dalam perusahaan akan dapat terlihat ketika semua unsur unit bisnis perusahaan mampu beradaptasi dengan baik dan tidak terpaku pada sistem kerja lama bahkan setelah diterapkannya ERP sistem.

Demikian ulasan tentang Penerapan Sistem ERP Perusahaan yang Dapat Memberikan Kontribusi dalam Pengembangan Bisnis yang telah selesai Dinamika Solusi Informatika ulas untuk anda semua. Perlu diperhatikan bahwa ketiga poin diatas bisa saja berbeda indikasinya, tergantung jenis perusahaan yang menerapkan software ERP sistem pada unit bisnisnya. Namun, yang cukup dijadikan poin penting adalah perspektif dari indikasi tolok ukur tersebut. Jika anda memiliki pertanyaan terkait pembuatan ERP sistem, maka jangan ragu untuk menghubungi Dinamika Solusi Informatika yang tergabung dalam Microsoft Partner Indonesia dan pastinya sangat kompeten dalam menangani pembuatan ERP sistem yang cocok dengan perusahaan anda. Sampai sini dulu perjumpaan kita, semoga ulasan diatas dapat memberika informasi yang bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *